Waduh .. Pesawat Tempur Negara Inggris Cegat Sepasang Pesawat Pengebom Rusia - Commando

Waduh .. Pesawat Tempur Negara Inggris Cegat Sepasang Pesawat Pengebom Rusia - Commando

C0MANDO.COM - LONDON – Dilaporkan Jika Pesawat tempur Negara Inggris, Jenis Typhoon, berhasil menghalangi 2 buah pesawat pengebom milik Rusia berlokasi dekat dengan kawasan udara Inggris pada hari Kamis 22 September 2016 kemarin. Menanggapi Hal ini Kementerian Pertahanan negara Inggris menyebutkan jika, jet tempur Typhoon tersebut lepas landas dari Skotlandia. Jet-jet tempur itu, yang diketahui lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Inggris Lossiemouth, guna mengawal 2 pesawat pengebom milik Rusia jenis Tu-160 Blackjack sampai meninggalkan wilayah udara Inggris.

Waduh .. Pesawat Tempur Negara Inggris Cegat Sepasang Pesawat Pengebom Rusia - Commando


"Tidak satu titik pun dari wilayah Inggris yang bisa dimasuki oleh pesawat terbang Rusia," isi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/9/2016).

Perlu diketahui juga jika Aksi Pencegatan pesawat Rusia yang dilakukan oleh NATO makin lama kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penyebab Ketegangan meningkat antara Barat dan Moskow ini sendiri dikarenakan oleh krisis di Ukraina. Pada 2014, Rusia juga menganeksasi Krimea setelah memisahkan diri dari Ukraina. Namun, Ukraina dan Barat tak terima dan tidak pernah mengakui hal tersebut.

Sejak saat itu, negara-negara Baltik pecahan Soviet yang sudah bergabung dengan NATO (Estonia, Latvia, dan Lithuania) khawatir Rusia akan melakukan agresi. Guna menepis kekhawatiran tersebut, NATO mengerahkan kekuatan militernya di Baltik. Pada tahun ini, jet-jet tempur Inggris juga dikerahkan di Baltik bersama jet tempur Portugal yang berbasis di Lithuania. Tahun lalu jet-jet tempur Inggris terlibat 17 kali pencegatan terhadap lebih dari 40 pesawat Rusia.

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon