Tak Sependapat dengan Prabowo, JK Bilang Unicorn Mendatangkan Modal Asing

Tak Sependapat dengan Prabowo, JK Bilang Unicorn Mendatangkan Modal Asing

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla tak sependapat dengan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang mengatakan bahwa startup dengan label ‘unicorn’ akan mempercepat uang lari ke luar negeri. Menurut JK, kehadiran unicorn justru membawa masuk uang ke dalam negeri karena mendapat suntikan dari investor.

"Unicorn dalam praktik mendatangkan modal asing," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/2/2019

JK mengakui, perusahaan unicorn pada prinsipnya juga akan membuat pihak luar negeri mendapatkan keuntungan dari investasinya. Namun, perusahaan unicorn tetap akan memberikan pendapatan perekonomian kepada Indonesia.

Debat Kedua Calon Presiden Antara Jokowi dan Prabowo Saling Serang

"Jadi bukan keluar. Terbalik itu, justru masuk. Seperti Gojek, kan investornya macam-macam dari luar. Ada softbank, Bukalapak ada, dari Alibaba macam-macamlah. Jadi justru uang masuk ke dalam negeri," ujar dia.
Tak Sependapat dengan Prabowo, JK Bilang Unicorn Mendatangkan Modal Asing
Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin itu melanjutkan, Indonesia perlu mendorong munculnya unicorn baru. Kehadiran startup tersebut membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Apalagi sektor itu digarap oleh anak-anak muda Tanah Air.

"Karena memberikan lapangan kerja jutaan orang. Sedangkan itu yang kita butuhkan. Dan kita bersyukur bahwa itu anak-anak muda kita yang mengerjakan," jelas Kalla.

Dalam debat putaran kedua, capres 01, Joko Widodo menanyakan soal pengembangan unicorn kepada Prabowo. Istilah unicorn merujuk pada sebuah perusahan rintisan (start up) yang telah memiliki valuasi US$1 miliar.

Namun Prabowo tampak kebingungan dan menanyakan balik kepada Jokowi terkait unicorn apa yang dimaksud. Eks Danjen Kopassus itu kemudian menjawabnya dengan kekhawatiran bahwa unicorn bisa mempercepat uang lari ke luar negeri.

(qlh)

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon