Pesan Jendral Gatot Nurmantyo ke Kopassus: Jangan Pernah Terbeli...

Pesan Jendral Gatot Nurmantyo ke Kopassus: Jangan Pernah Terbeli...


Jenderal Gatot Nurmantyo mengunjungi Markas Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat di Cijantung, Jakarta Timur, pada Kamis, 7 Desember 2017. Pada kesempatan itu, Gatot memberikan pengarahan dan pesan terakhirnya sebagai Panglima TNI. "Jangan pernah terbeli oleh kepentingan apa pun," ucapnya di depan ratusan prajurit Kopassus, Kamis, 7 Desember.

Gatot menyampaikan kepada mereka bahwa setelah pensiun dia akan jadi purnawirawan, tapi dia meminta agar para prajurit tersebut tetap bersamanya. "Jangan tinggalkan saya, saya adalah prajurit komando," ujar dia.
Pesan Jendral Gatot Nurmantyo ke Kopassus: Jangan Pernah Terbeli...

Menurut Gatot, situasi yang akan dihadapi nanti ialah tahun-tahun politik. Dia meminta TNI agar tetap netral. Gatot mengatakan wajar apabila prajurit akan ditarik-tarik ke ranah politik. Namun dia berpesan, agar mereka tetap netral.


Gatot mengatakan dia yakin prajuritnya dapat menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Dia juga yakin para prajurit TNI merupakan insan yang taat terhadap hukum dan mementingkan kepentingan rakyat di atas apa pun serta taat kepada atasan. "Kalian harus punya sikap tidak boleh dibeli," tuturnya.

Di Kopassus, kata Gatot, atasan mereka adalah komandan jenderal yang di atasnya ada Kepala Staf Angkatan Darat. Kemudian di tingkat lebih tingginya ada Panglima TNI. "Di atas Panglima ada Presiden yang dipilih berdasarkan konstitusi," ucapnya.

Terakhir, Gatot Nurmantyo meminta maaf jika dalam kepemimpinannya, dia pernah berbuat salah ataupun khilaf. Dia mengatakan sikapnya itu dikarenakan rasa cintanya yang besar kepada Republik Indonesia dan TNI. "Selamat melaksanakan tugas dan perjuangan," katanya.

Berkomentarlah Dengan Bijak
EmoticonEmoticon